Liverpool Mempunyai 10 Alasan David Alaba Akan Menjadi Rekrutan Ideal

0
22
Liverpool Mempunyai 10 Alasan David Alaba Akan Menjadi Rekrutan Ideal
Liverpool Mempunyai 10 Alasan David Alaba Akan Menjadi Rekrutan Ideal

Liverpool Mempunyai 10 Alasan David Alaba Akan Menjadi Rekrutan Ideal –Liverpool mungkin bisa jadikan David Alaba sebagai rekrutan idealnya pada Januari 2021, di saat klub saat ini sangat membutuhkan bek tengah baru.

Saat ini, kondisi Alaba di Bayern Munchen pun sedang tak jelas, karena pembicaraan kontrak barunya menemui jalan buntu. Sementara, The Reds tengah dibekap cedera pemain. Ia pun disebut-sebut akan ideal bagi skuad Anfield di paruh ke dua musim ini.

Kontrak Alaba di Bayern Munchen dijadwalkan selesai di akhir musim ini. Setelah negosiasi berkepanjangan dan tak membuahkan hasil, raksasa Bundesliga itupun menarik tawaran terakhir mereka untuk Alaba pada awal bulan ini.

“Jawabannya, tawaran itu masih belum memuaskan dan kami harus memikirkannya lagi. Kami lalu putuskan untuk menarik tawaran yang sudah kami sodorkan, dan itu berarti tak ada lagi tawaran untuknya,” tandas presiden klub, Herbert Hainer, seperti dilansir thisisAnfield.com.

Pemain internasional Austria yang sudah membela Bayern sejak tahun 2008 dan tampil dalam 396 pertandingan itu, mengaku ‘kecewa dan agak sakit hati’ klub gagal mengoreksi desas-desus yang terus berkembang mengenai gaji yang ditolaknya, di mana ‘tawaran akhirnya’ diklaim mencapai 190 Ribu Poundsterling (Rp 3,6 Milyar) untuk sepekan.

Kini, Alaba berpikir untuk tinggalkan kota Munich dan, sementara masih harus dilihat apakah transfer di bulan Januari akan menjadi kenyataan, tampaknya ia menjadi pemain yang patut dipertimbangkan Liverpool.

Skuad Jurgen Klopp bahkan memiliki 10 alasan mengapa Alaba bisa menjadi target ideal saat bursa transfer Januari dibuka nanti:

1.Menjadi Solusi Kilat

Musim ini menjadi musim yang paling penuh gejolak dan menuntut dalam sejarah sepak bola. The Reds bahkan sudah merasakan beban dari padatnya jadwal yang disusun, yakni cedera pemain.

Klopp sudah kehilangan Virgil van Dijk yang harus absen sepanjang musim, lalu parapemain seperti Fabinho, Thiago, Jordan Henderson dan Trent Alexander-Arnold juga tengah atau sedang alami masa-masa sulit. Kini, kondisi itu diperparah dengan ambruknya Joe Gomez yang masuk daftar pemain cedera.

Klopp sendiri terus mencari pemain di akademi Liverpool, namun merekrut Alaba tentunya akan berikan solusi langsung dan cepat dalam berbagai peran, terutama di posisi bek tengah.

2.Fleksibilitas

Salah satu kualitas luar biasa Alaba untuk Bayern Munchen dan juga Timnas Austria selama bertahun-tahun, adalah kemampuannya dalam bermain di sejumlah posisi berbeda dengan kualitas permainan papan atas.

Untuk Bayern Munchen, dia biasa dioperasikan sebagai bek tengah, dan sebagai pemain sisi kiri, hal itu akan memungkinkan Alaba untuk menggantikan Van Dijk. Sementara untuk Austria, Alaba reguler bermain di lini tengah.

Namun, ia juga sempat dipanggil untuk bermain sebagai bek kiri, di kedua sisi lini tengah bahkan sebagai pemain nomor 10. Hebatnya, dalam setiap peran berbeda yang dia mainkan, Alaba bisa mempengaruhi jalannya pertandingan.

3.Pengalaman

Alaba baru berusia 28 tahun pada Juni 2020, hingga ia relatif lebih muda dibandingkan Henderson, Van Dijk, James Milner, Georginio Wijnaldum, Thiago, Joel Matip, Roberto Firmino, Xherdan Shaqiri, Sadio Mane dan, lebih muda satu pekan dibandingkan Mohamed Salah.

Namun, saat ini Alaba telah mendekati penampilannya yang ke-400 untuk Bayern Munchen, di mana angka itu dikoleksinya dari 255 pertandingan di Bundesliga dan 85 laga di Liga Champions. Ia juga sudah bermain 73 kali untuk Austria, dan kerap ditunjuk menjadi kapten. Pengalaman ini tentunya penting bagi Klopp, seperti yang ia lakukan saat datangkan Thiago.

4.Hubungan Erat dengan Thiago

Alaba dan Thiago sudah bermain bersama-sama dalam 184 pertandingan, dan ini menjadi yang ke-10 terbanyak dalam kombinasi apapun di sepanjang karir Alaba sejauh ini. Sedangkan dalam hal menit, yakni selama 13.280 menit, itu menjadi yang terbanyak kedelapan.

Kedua pemain ini menjalin ikatan kuat selama mereka bermain bersama di Bayern Munchen, di mana hal ini juga mereka tunjukkan di lapangan, hingga keduanya diandalkan sebagai dua operator terbaik Die Roten pada posisi yang lebih dalam.

Jika Alaba benar-benar bergabung dengan Liverpool, maka Klopp tampaknya hampir tak perlu berpikir untuk menghidupkan kembali hal ini.

5.Pemain Bernilai

Sama seperti Thiago yang situasi kontraknya yang rapuh di Bayern hingga memungkinkan The Reds untuk mendatangkannya, Alaba pun dipastikan akan menjadi rekrutan mahal the Reds yang berikutnya.

Sementara Bayern Munchen mungkin berusaha untuk mempertahankannya di sisa musim ini, dan bersedia melepasnya secara gratis pada musim panas tahun depan, tawaran yang tepat kemungkinan bisa menggoda raksasa Bundesliga itu untuk melepasnya lebih awal. Dan, tak diragukan lagi, Michael Edwards menjadi orang yang pas untuk menegosiasikan hal itu.

6.Karakter yang Tepat

Setiap perekrutan pemain yang dilakukan Liverpool tak hanya harus mencapai standar dalam hal kemampuannya di lapangan hijau, tapi pemain itu juga harus memiliki karakter di luar lapangan. Hal itulah di antaranya yang dibicarakan Klopp secara pribadi kepada semua calon pemain baru, sebelum ia memastikan pemain itu untuk bergabung.

Terkait hal ini, tampaknya The Reds tak salah bila memilih Alaba. Pasalnya, pelatihnya saat ini, Hansi Flick, sudah memberi isyarat bahwa dia pas dengan apa yang diharapkan Klopp. “Saya akan sangat bahagia, jika dia tetap bertahan di sini setelah musim ini berakhir, dia pemain dan pribadi yang luar biasa,” ungkap Flick.

“Saya ingin kembali menekankan hal itu, karena dia sangat penting bagi tim di lapangan dan juga di luar lapangan. Dia wujudkan nilai-nilai tertentu dan sangat populer di kalangan tim maupun suporter. Saya akan sangat bahagia jika dia tetap di sini,” tegasnya.

7.Menggantikan Wijnaldum

Di luar masalah cedera yang terjadi berturut-turut di musim ini, masalah lain yang paling mendesak bagi Liverpool dalam hal perekrutan pemain adalah mencari pengganti Georginio Wijnaldum, yang juga sudah membuktikan bahwa ia pemain penting sejauh musim ini.

Sayangnya, pemain internasional Belanda itu tak akan memperpanjang karirnya di Anfield dan hal itu sudah menjadi pemberitaan yang meluas, bahwa dia akan hengkang dengan status bebas transfer di akhir musim ini.

Sementara, Alaba yang awalnya bermain sebagai bek tengah, kemungkinan besar bisa dioperasikan sebagai pemain di lini tengah Liverpool, di mana ia akan bergabung dengan Thiago, Fabinho, Henderson, Naby Keita dan Curtis Jones sebagai opsi reguler bagi Klopp.

8.Penerus Milner

Sepertinya, tak lama setelah Wijnaldum pergi, Klopp juga bisa melihat Milner tinggalkan Anfield. Wakil kapten itu akan berusia 35 tahun pada Januari tahun depan, saat dia juga akan memasuki 18 bulan terakhir kontraknya di Anfield.

Walau kebugarannya yang luar biasa telah memastikan dia tetap pemain yang diandalkan The Reds, namun Milner tampak melambat di beberapa titik permainan dan utilitas. Sejauh ini, memang ada beberapa pemain yang layak menjadi penerusnya yang lebih baik dibandingkan Alaba.

Menjalani peran reguler di satu posisi memang akan ideal, tapi kemampuan Alaba untuk mengisi posisi bek kiri dan sejumlah peran lainnya, tentu akan mengingatkan Klopp dan juga suporter The Reds pada Milner yang memiliki kemampuan sama.

9.Rencana Jangka Panjang

Membangun kedalaman permainan yang lebih jauh, serta transisi setelah era Wijnaldum dan Milner, akan menjadi bagian dari rencana jangka panjang Jurgen Klopp dan Michael Edwards.

Sehingga, klub itu bisa saja akan membahas juga masa depan Joel Matip, jika pemain itu terus mendapat masalah cedera terus berlanjut. Tentunya, hal ini bisa menjadi musim yang penting bagi pemain bernomor punggung 32 itu, walaupun ia sudah teken kontrak baru hingga tahun 2024 pada Oktober 2020.

Sementara, kedatangan Alaba dipastikan akan menjadi langkah selanjutnya bagi Liverpool, karena skuadnya dipastikan akan terus berkembang.

10.Dia Pemain Kelas Dunia

Sederhananya, Alaba merupakan pemain yang harus direkrut The Reds untuk memastikan bahwa mereka tetap berada di posisi teratas dan mampu bersaing perebutkan gelar Liga Premier maupun Liga Champions.

Pemain berusia 28 tahun itu bisa dikatakan bakal menjadi langkah maju dari beberapa starter dalam skuad Jurgen Klopp, dan jika dia bersedia mainkan peran yang mirip dengan Thiago, yakni sebagai pemain kunci tapi tetap akan jalani rotasi, maka Alaba akan menjadi pemain tambahan yang benar-benar ideal bagi Liverpool.

Klopp dipastikan akan menikmati kesempatan bekerja dengan pemain yang dikaguminya selama ia menjadi pelatih Borussia Dortmund dan juga Liverpool. Sedangkan Alaba, tentunya harus menikmati kesempatan bermain untuk raksasa Merseyside tersebut, jika hal itu terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here