Ozil Dihapus Dari Game Bola China, Amrika Ikut Geram

0
167
Ozil Dihapus Dari Game Bola China, Amrika Ikut Geram
Ozil Dihapus Dari Game Bola China, Amrika Ikut Geram

Ozil Dihapus Dari Game Bola China, Amrika Ikut GeramOzil dihapus dari game bola di China, Amerika ikut geram. Pemain klub Liga Inggris Arsenal itu masih menjadi sorotan soal Uighur.

Pemain sepak bola Arsenal Mesut Ozil dilaporkan Sport Business dan Reuters telah dihapus dari game Football Pro Evolution Soccer (PES) 2020 di China. Hal itu dilakukan menyusul kontroversi atas komentarnya tentang Muslim Uighur negara tersebut.

Perusahaan Cina NetEase, yang menerbitkan PES di China di bawah waralaba dari pencipta permainan asal Jepang Konami, mengatakan dalam sebuah pernyataan di Weibo kemarin: “Pemain Jerman Mesut memposting pernyataan yang ekstrem tentang China di media sosial. Pidatonya telah menyakiti perasaan penggemar negara ini dan melanggar semangat olahraga, cinta dan perdamaian dunia. Kami tidak mengerti, tidak menerima atau tidak akan mengampuni hal ini.”

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China minggu ini mengatakan jika sang pemain telah ditipu oleh ‘banyak berita palsu’ tentang perlakuan mereka terhadap kaum minoritas. Ia juga mengundang sang pemain ke Xinjiang di mana mereka tinggal untuk melihat sendiri bahwa wilayah ini damai dan harmonis tak seperti yang ia utarakan.

Ozil Belum Mengomentari Perkembangan Terkini

Menteri luar negeri Amerika Serikat Mike Pompeo dibuat geram. Ia mencuitkan bahwa “Outlet propaganda Partai Komunis China dapat menyensor @MesutOzil1088 dan @Arsenal dari permainan sepanjang musim semau mereka, tetapi kebenaran pasti akan menang pada akhirnya”.

NetEase mengatakan bahwa karakter sang bintang akan dihapus dari tiga judul PES yang ada di China, termasuk PES 2020 Mobile. Sang pemain Jerman belum memberikan komentarnya terkait reaksi terkini di negara tersebut.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here