Toni Kroos Mengkritik Rencana Kompetisi Liga Super Eropa dan Piala Super Spanyol

0
18
Toni Kroos Mengkritik Rencana Kompetisi Liga Super Eropa dan Piala Super Spanyol
Toni Kroos Mengkritik Rencana Kompetisi Liga Super Eropa dan Piala Super Spanyol

Toni Kroos Mengkritik Rencana Kompetisi Liga Super Eropa dan Piala Super Spanyol – Gelandang Real Madrid Toni Kroos menyuarakan kritikan terhadap ide gelaran Liga Super Eropa dan menyindir Federasi Sepak Bola Spanyol perihal turnamen Piala Super Spanyol.

Wacana Liga Super Eropa kian mengemuka setelah mantan presiden FC Barcelona Josep Maria Bartomeu menyetujui undangan untuk berpartisipasi, sehari sebelum ia mengundurkan diri.

“Barcelona telah menyetujui tawaran untuk bermain di Liga Super Eropa. Ini akan memberikan jaminan keseimbangan finansial klub di kemudian hari. Kita harus menerima masa depan Piala Dunia Klub,” kata Bartomeu, seperti dikutip dari Diario Sport pada Oktober kemarin.

Kabarnya Liga Super Eropa menjanjikan hadiah ratusan juta Euro per musim bagi 18 tim yang terlibat dengan dukungan bank JP Morgan.

Tapi Toni Kroos menilai wacana ini membuat para pemain menjadi sapi perah demi kondisi finansial klub dan membiarkan perbedaan antar klub kian melebar sehingga bisa menciptakan kecemburuan sosial.

Ia pun mengkritik ajang Piala Super Spanyol yang dilangsungkan di luar Spanyol demi meraup pundi-pundi uang dan menarik peminat baru kompetisi Liga Spanyol.

“Sayangnya kami sebagai pemain tidak bisa membuat keputusan. Kami hanya boneka bagi FIFA d an UEFA,” kritik Kroos pada Einfach bad Luppen.

“Jika ada serikat pemain, kita tidak akan bermain di Liga Bangsa-Bangsa atau bermain Piala Super Spanyol di Arab Saudi.”

“Kompetisi-kompetisi ini mencoba menyerap segalanya secara finansial dan menekan para pemain secara fisik.”

“Dari sudut pandang olahraga, ide Liga Super Eropa ini menarik karena hanya akan ada pertandingan-pertandingan level tinggi.”

“Namun jurang antara klub-klub besar dan kliub-klub kecil akan kian melebar. Segalanya bukan selalu harus lebih cepat dan uang lebih banyak,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here